Home » , » Membuat Database Mysql Via CMD

Membuat Database Mysql Via CMD


nah kali ini saya akan membagi tutorial bagaimana cara membuat database mysql via cmd. download alat tempurnya dulu Disini. Yg pertama install dulu, klo udh lngsung buka trus jalanin apache ama mysql nya, trus buka cmd (windows + r)
2.ketikan perintah cd c:/xampp/mysql/bin (enter)
3.ketikan lagi mysql -u root (enter)

4.nah saatnya pembuatan database (contohnya saya mau buat database dengan nama praktikum_anto) ketik create database praktikum_anto; (enter) ,ketikan show databases; (enter) untuk melihat database yang telah kita buat sebelumnya ,setelah membuat databasenya kita harus masuk ke databasenya dengan mengetikan use praktikum_anto; (enter) ,lihat gambar di bawah

5.nah sekarang pembutan table nya (contoh saya akan membuat table dengan nama karyawan) ketik create table karyawan (no int(3), nama char(20), alamat char(35)); (enter) ,untuk melihat table yang telah kita buat tadi ketik describe karyawan; (enter) , lihat contoh gambar di bawah.

6.kita telah selesai membuat table karyawan beserta jenis tabel nya (NO, NAMA, ALAMAT) .
7.sekarang waktunya kita untuk mengisi table karyawan dengan dengan mengetikan perintah insert into karyawan values ('1', 'anto', 'poencoer'), ('2', 'sukran', 'andalas'), ('3', 'cay', 'beringin'); (enter) ,lihat gambar di bawah.

8.untuk pembuatan table telah selesai, untuk melihat hasilnya ketik select*from karyawan; (enter) ,lihat contoh gambar di bawah.


sekian dulu untuk cara pembuatan database mysql via cmd
Regards : Sukran

2 komentar:

  1. mySQL itu apa sh gan ? saya belum ngerti deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mysql itu kyk suatu program yg di gunakan untuk pembuatan database bro, sifatnya itu opensource dan berjalan di semua platform windows maupun linux :D

      Hapus